Solusi Bisnis Anda!

Pengembangan Usaha Kerajinan Layangan Melalui Digital Marketing

Nangkaan merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Bondowoso, kabupaten Bondowoso. Pandemi covid 19 ini menjadi bencana bagi semua orang di dunia.

Banyak sekali kegiatan yang harus dibatasi akibat dampak pandemi covid 19, banyak sektor yang mengalami hambatan dalam proses pengerjaannya. salah satunya dari sektor wirausaha, yang mana pandemi ini menjadi faktor utama terhambatnya proses pemasaran.

Adapun kebijakan yang di ambil pemerintah untuk mengurangi tingkat angka penyebaran virus tersebut salah satunya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

Dalam kebijakan tersebut menjadika wirausaha memiliki keterbatasan dalam proses penjualan atau pemasaran serta akibat kebijakan ini juga banyak wirausaha yang mengalami gulung tikar dan karyawan yang dirumahkan.

Faktor utama yang saya temukan pada sasaran saya yaitu kurangnya tingkat pengetahuan atas sosial media seperti facebook dan instagram serta terbatasnya dalam mengoperasikan media sosial.

Program kerja yang saya akan kembangkan pada KKN BTV 3 ini melalui beberapa tahapan. Pada minggu pertama saya melakukan observasi dengan survei ke tempat sasaran serta melakukan diskusi bersama terkait permasalahan atau tantangan didalam usaha tersebut.

Pada minggu kedua yakni menerapkan program kerja yang telah saya rancang seperti pembuatan logo dan nama usaha agar lebih dikenal masyarakat sekitar. P

ada minggu ketiga yaitu pembuatan akun sosial media whatsapp, facebook dll serta mendesain kerajinan layangan yang lebih kreatif. Dan pada minggu keempat yaitu melakukan evaluasi penerapan program KKN tersebut.

Hal yang melatarbelakangi saya membuat program kerja ini demi mendukungnya usaha rumahan ini laku di masa pandemi ini serta membantu sasaran dalam memahami sistem aplikasi sosial media untuk digunakan dalam proses pemasaran atau transaksi. (Syaiful Bahri/Kelompok 14/dr Yudha Nurdian, M. Kes.)

Share on facebook
Share on whatsapp