Solusi Bisnis Anda!

Pemberdayaan UMKM Daerah Melalui Digital Marketing di Era Pandemi Covid-19 (KKN BTV3)

Teknologi sekarang terus berkembang dan penggunaanya pun juga merasakan manfaat yang dirasakan saat menggunakan teknologi elektronik digital.

Penggunaan media sosial di masa pandemi covid-19 saat ini sangat dibutuhkan oleh pemilik UMKM untuk meningkatkan usaha dagangnya. Karena proses penyebaran virus terjadi karena kontak antar manusia dan pemerintah mengeluarkan aturan social distancing yang kemudian para pelaku usaha terkena dampaknya dan harus menerapkan aturan baru demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Adanya pandemi Covid-19 ini tak bisa dipungkiri telah menjadi penyebab perubahan gaya hidup semua orang termasuk pelaku usaha UMKM harus bisa menyesuaikan diri agar tetap bisa bertahan dalam situasi yang sangat tidak memungkinkan yang awalnya bisa bertransaksi secara langsung, sekarang dibatasi untuk melakukan transaksi langsung.

Disinilah waktu yang sangat tepat untuk melakukan dan menerapkan tren digital marketing yang tepat sehingga bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 sekarang.

Secara keseluruhan, tujuan saya mengikuti KKN BTV3 Universitas Jember adalah menjelaskan dan menerapkan konsep penjualan digital marketing bagi pelaku UMKM di Desa Jember Kidul yang berjualan camilan, makanan kering dan basah.

Kemudian bagaimana cara mengaplikasikan pada usahanya tersebut. Konsep tentang digital marketing ini sangatlah bagus bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan sebuah informasi dan memasarkan sebuah produknya untuk meningkatkan penjualannya tersebut.

Pandemi Covid-19 membuat mayoritas di sektor ekonomi terutama pelaku UMKM menjadi stagnan. Dalam Hal tersebut membuat para pelaku usaha UMKM di daerah desa Jember Kidul cenderung masih menggunakan uang konvensional dalam melakukan hal bertransaksi dan hal tersebutlah yang memicu rentan terjadinya penyebaran virus Covid-19 karena transaksi tersebut terjadi konntak fisik yang memungkinkan masyarakat ataupun pelaku UMKM terkena virus Covid-19.

Disini saya sebagai mahasiswa Universitas Jember yang mengikuti KKN BTV3 akan mengajarkan tentang cara menggunakan dompet digital salah satunya yaitu QRIS.

QRIS atau biasa disebut Quick Response Code adalah satuan dalam berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau bisa disebut PJSP dan biasanya menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. Manfaat menggunakan Qris juga banyak yaitu pembayaran cepat dan mudah, tidak perlu membawa uang tunai kemana aja, lebih praktis dan terhindar dari uang palsu.

Setelah melakukan pengenalan dan mengaplikasikan QRIS selanjutnya saya akan mendaftarkan akun toko untuk GoFood dan GrabFood. Karena menurut pemilik UMKM atau usaha  yang bermitra dengan grab atau gofood di daerah kampus mengalami kenaikan. Yang biasanya sebelum adanya pandemi hanya 40 persen pesanannya sekarang naik bisa menjadi 70 persen. Dengan begiyu kegiatan KKN BTV3 Universitas Jember Ini saya berharap bisa mengembangkan UMKM atau pelaku Usaha lainnya serta bisa menguasai digital marketing agar usahanya dikenal oleh kalangan masyarakat.

Share on facebook
Share on whatsapp